Rapid Sequence Intubation pada Sectio Caesarea

Anastesi regional adalah metode yang paling umum digunakan dalam operasi Caesar, sedangkan insidensi anastesi umum sendiri sekarang semakin menurun. Anastesi umum biasanya di indikasikan pada keadaan yang urgensi, ibu yang menolak dilakukan teknik regional, blok regional yang tidak adekuat atau adanya kontraindikasi pada regional. Indikasi obsetrik yang dulu dipertimbangkan sebagai indikasi absolute dilakukannya anastesi umum, seperti plasenta previa, sekarang sudah rutin dikerjakan dengan anastesi regional. 

Apabila anastesi regional tidak memungkinkan untuk dilakukan pada ibu, maka operasi Caesar dilakukan dengan anastesi umum. Induksi dengan anastesi umum pada operasi Caesar adalah dengan teknik rapid sequence atau Rapid Sequence Technique (RSI). 

Rapid Sequence Intubation (RSI) adalah suatu prosedur tehnik intubasi yang dilakukan setelah preoksigenisasi, kemudian induksi dengan menggunakan obat induksi yang poten lalu diikuti pemberian obat pelumpuh otot dengan kerja cepat untuk dapat menyebabkan penurunan kesadaran dan paralisis motorik untuk tujuan intubasi secara cepat. Teknik ini didasari pada pasien dalam keadaan tidak puasa atau lambung penuh yang akan dilakukan intubasi, yang memiliki resiko aspirasi cairan atau isi lambung.