PROPHYLAXIS STRESS RELATED MUCOSA INJURY IN CRITICALLY ILL PATIENTS

Stress related mucosal injury adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan erosi dari mukosa lambung yang terjadi pada hampir seluruh pasien dengan penyakit akut yang mengancam nyawa. (Marino 2014)
Erosi ini dapat hanya superficial mengenai mukosa, atau lebih dalam mengenai submukosa. Lesi yang lebih dalam ini disebut dengan stress ulcer. (Marino 2014)
Stress ulcer ini terutama berhubungan dengan keadaan iskemik dan merupakan komplikasi dari acute illness. pH lambung yang rendah pada pasien dengan sakit yang berat, dihubungkan dengan tingginya kejadian perdarahan lambung. Oleh karena itu telah lama dilakukan upaya pencegahan stress ulcer di ICU. (Hilman dan Bishop 2004)
Upaya pencegahan adalah dengan enteral nutrisi dan adekuat nya perfusi splanchnic, pemberian profilaksis lain dianggap tidak perlu. Pemberian profilaksis stress ulcer mungkin hanya diberikan pada pasien sakit kritis yang high risk, seperti pada pasien dengan riwayat perdarahan saluran cerna bagian atas, pasien dengan coagulopathy, atau pasien dengan ventilator lebih dari 48 jam. (Hilman dan Bishop 2004)
Perdarahan akut saluran cerna bagian atas yang tercatat di rumah sakit di Amerika Serikat tercatat sebanyak 300.000 pasien setiap tahunnya. Sebanyak 5% pasien yang dirawat di ICU akan mengalami perdarahan saluran cerna bagian atas, sebagai komplikasi dari penyakit utama mereka, dan angka kematiannya sebanyak 50% walaupun dengan advance care dan profilaksis. (Papadacos dan Szalados 2005)
Stress ulcer sering dikaitkan dengan keadaan syok, sepsis, luka bakar, trauma multiple, cedera kepala, cedera saraf tulang belakang, dan kegagalan organ respirasi, hati, dan ginjal. (Bersten dan Soni 2009)
Lesi sering didapatkan pada bagian Fundus lambung, dapat berupa lesi ringan sampai pada ulserasi akut. Mekanisme terjadi stress ulcer pada pasien sakit kritis masih belum jelas, tetapi hipoksia dan hipoperfusi dari mukosa gastroduodenal merupakan faktor utama, disamping ketidak-stabilan hemodinamik, kegagalan nafas dan koagulopati. Insiden terjadinya Stress related mucosal injury pasien di ICU berkisar 8-45%. (Bersten dan Soni 2009) 

Pengenalan dan diagnosis dini, resusitasi adekuat, dan penanganan yang tepat adalah hal yang sangat penting dalam manajemen perdarahan saluran cerna. (Papadacos dan Szalados 2005)