PENATALAKSANAAN ANESTESI PADA PASIEN ASTROCYTOMA YANG MENJALANI OPERASI CRANIOTOMI EVAKUASI TUMOR DENGAN PERDARAHAN MASIF DURANTE OPERASI

Otak adalah massa sel saraf dan jaringan dimana terdiri dari 3 bagian besar yaitu serebrum, serebelum, dan batang otak. Tulang tengkorak dan jaringan fibrosa melindungi otak. Otak dilapisi bantalan oleh cairan serebro spinal yang diproduksi di ventrikel. Tumor otak dapat menjadi benigna atau maligna. Tumor benigna terlokalisasi, berbatas tegas, dan tidak menginvasi jaringan lain. Meskipun jinak, tumor dapat menyebabkan kerusakan jaringan otak juga jika menekan area tertentu. Tumor otak maligna tumbuh secara cepat dan menginvasi jaringan sekitarnya. Tumor ini dapat mengganggu fungsi vital dan merupakan ancaman kehidupan. (1)
            Belum ada yang tahu apa yang menyebabkan tumor otak meskipun banyak penelitian tentang ini. Keturunan, faktor lingkungan, virus dan faktor genetik dapat ikut berperan. Adanya faktor resiko akan meningkatkan kemungkinan untuk bertumbuhnya tumor. Pekerja di kilang minyak, industri karet, industri obat, kimia mempunyai insidensi lebih tinggi untuk pertumbuhan tumor otak. Namun sampai sekarang tidak ada yang mendefinisikan faktor resiko yang jelas. Pemberian nama tumor otak berdasarkan tipe sel dan lokasinya di otak. Tumor otak primer adalah yang berasal dari otak, sedangkan tumor otak sekunder adalah metastasis dari tumor lain di tubuh. Sekitar 40% dari semua tumor adalah jinak. (1)

            Pada kasus ini tumor yang dibahas adalah astrocytoma. Astrocytoma berasal dari astrosit (sel berbentuk bintang), tumbuh pada otak dan medula spinalis. Pada anak-anak astrocytoma biasanya tumbuh pada medula spinalis, serebrum, dan serebelum. Tipe yang lazim dari astrocytoma adalah pilocytik astrocytoma yang tumbuh dengan lambat dan diterapi dengan operasi. Menurut Central Brain Tumor Registry US, pada tahun 1990-1994, sekitar 9% (1831 kasus) dari total jumlah tumor primer terjadi pada anak-anak kurang dari 20 tahun dan lebih banyak dialami anak laki-laki dibanding perempuan. (1)