Penatalaksaan anestesi wanita 36 tahun PEB, Morbid Obese dan edema paru pro SCTP-E dengan GA-RSI akibat kegagalan blok epidural

Kasus obstetric merupakan salah satu kasus yang paling sering ditemui sehari-hari, pemahamam mengenani fisiologi dan anatomi pada ibu hamil dan fetus mutlak diperlukan bagi seorang ahli anestesi agar dapat memberikan pelayanan yang optimal, karena ada 2 individu yang hendak kita selamatkan, Ibu dan bayinya. Pada kasus persalinan normal, pemilihan anestesi spinal sudah diterima sebagai pilihan utama pada tindakan operasi section cesaria. Namun pada kasus-kasus dengan penyulit, pemilihan teknik anestesi umum atau anestesi regional lain seperti halnya blok epidural  masih memiliki tempat.

Pada laporan kasus ini kami hendak membahas penatalaksanaan anestesi pada seksio cesarea dengan penyulit preeclampsia berat, edema paru dan obesitas yang pada mulanya direncakan dengan anestesi regional menggunakan blok epidural, namun pada saat operasi didapatkan parsial blok yang menyebabkan pasien masih kesakitan sehingga dilakukan anestesi general dengan menggunakan teknik RSI. Bayi berhasil dilahirkan dengan AS yang baik 8-9-10 dan pasca operasi ibu dirawat di ICU selama 2 hari untuk perbaikan tensi dan edema parunya, sebelum dilanjutkan perawatannya di HCU OBGYN.