MANAJEMEN ANESTESI DAN PERAWATAN INTENSIF PADA PASIEN DENGAN INTRAABDOMINAL BLEEDING POST OPERASI SCTP

Kehamilan dan melahirkan menimbulkan risiko kesehatan yang besar, termasuk bagi perempuan yang tidak mempunyai masalah kesehatan sebelumnya. Kira-kira 40% ibu hamil  mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan kehamilan, dan 15% dari semua ibu hamil  menderita komplikasi jangka panjang atau yang mengancam jiwa. Jika kita berbicara tentang persalinan sudah pasti berhubungan dengan perdarahan, karena semua persalinan baik pervaginam ataupun perabdominal (sectio cesarea ) selalu disertai perdarahan.
Kematian maternal adalah kematian seorang wanita waktu hamil atau dalam 42 hari sesudah berakhirnya kehamilan oleh sebab apapun, terlepas dari tuanya kehamilan dan tindakan yang dilakukan untuk mengakhiri kehamilan. Sebab-sebab kematian ini dapat dibagi dalam 2 golongan, yakni yang langsung disebabkan oleh komplikasi-komplikasi kehamilan, persalinan dan nifas, dan sebab-sebab lain seperti penyakit jantung, kanker, dan lain sebagainya.
Menurut Kementerian Kesehatan RI tahun 2010, tiga faktor utama kematian ibu melahirkan adalah perdarahan (28%), eklampsia (24%), dan infeksi (11%).Di Indonesia diperkirakan ada 14 juta kasus perdarahan dalam kehamilan. Setiap tahunnya paling sedikit 128.000 perempuan mengalami perdarahan sampai meninggal. Perdarahan pasca persalinan terutama perdarahan postpartum primer merupakan perdarahan yang paling banyak menyebabkan kematian ibu. Perdarahan postpartum primer yaitu perdarahan pasca persalinan yang terjadi dalam 24 jam pertama kelahiran. Walaupun setiap tahun perdarahan postpartum primer mengalami penurunan namun perdarahan postpartum primer merupakan faktor utama penyebab kematian ibu yang harus dicegah. Pencegahan perdarahan postpartum primertersebut dapat dilakukan dengan mengetahui faktor risiko yang memengaruhinya.
Dalam tulisan ini selanjutnya akan dibahas tentang perdarahan post partum pasca persalinanperabdominal penyebab dan serta penanganannya, transfusi darah masif,dan dimuat laporan kasus sebagai ilustrasinya.

click here for full text