KETOFOL (KETAMINE – PROPOFOL) PADA PROSEDUR SEDASI DAN ANALGESI

Seorang  Anestesiolog harus merasa nyaman dan percaya diri dalam menjalankan pelayanan   prosedur sedasi dan analgesi (PSA). Tujuan PSA yaitu menyediakan tingkat sedasi yang adekuat serta meminimalkan nyeri dan kecemasan, memaksimalkan amnesia, meminimalisir potensi efek yang merugikan dari obat, mengendalikan perilaku dan menjaga kestabilan status kardiovaskular dan respirasi.
            Agen farmakologi yang ideal untuk PSA haruslah memenuhi tujuan tersebut dan seharusnya mempunyai onset dan ofset yang cepat, aman untuk semua usia, murah dan memiliki kemanjuran yang sama pada berbagai cara pemberian.

            Sayangnya, saat ini belum ada agen tunggal yang memiliki kualitas seperti yang disebutkan tadi, sehingga anestesiolog harus mengkombinasi beberapa obat dengan dosis yang bervariasi untuk sebisa mungkin mencapai tujuan yang diharapkan. Kombinasi obat yang akan diuraikan selanjutnya adalah kombinasi obat untuk PSA yang akhir-akhir ini sering digunakan yaitu campuran Ketamine dan Propofol dosis rendah (Ketofol).